Text
Pengaruh Pendidikan Dan Pengalaman Dinas Terhadap Kinerja Prajurit Korps Marinir Melalui Profesionalisme Dalam Meningkatkan SDM Unggul
Korps Marinir Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut adalah sebuah unit pasukan yang menyelenggarakan operasi amfibi, pertahanan pantai, pengamanan pulau terluar strategis, pembinaan potensi maritim dan kekuatan pertahanan keamanan dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Prajurit Korps Marinir telah membuktikan profesionalismenya yaitu dengan keberhasilannya di berbagai medan penugasan, baik di dalam penugasan OMP maupun OMSP. Pendidikan dapat membantu prajurit dalam memperoleh kemampuan yang lebih baik, yang akan membantu meningkatkan kinerja. Pendidikan membantu prajurit dalam memahami konsep, prinsip, dan teori yang diperlukan untuk melakukan tugas yang diperlukan. Selain harus mendapatkan pendidikan yang baik, kinerja prajurit akan meningkat dengan adanya pengalaman dinas. Pengalaman dinas yang lebih banyak dan lebih baik dapat meningkatkan kinerja prajurit. Fenomena yang terjadi saat ini, belum optimalnya profesionalisme prajurit Korps Marinir dikarenakan terbatasnya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dinas dan kurangnya motivasi prajurit dalam mengikuti pendidikan dengan berbagai sebab. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji apakah terdapat pengaruh pendidikan dan pengalaman dinas terhadap kinerja prajurit Korps Marinir melalui profesionalisme dalam meningkatkan SDM unggul. adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pengolahan data menggunakan SEM-PLS. Peneliti menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan terhadap kinerja sebesar 11.8%, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pengalaman dinas terhadap kinerja sebesar 24.2%, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pendidikan terhadap profesionalisme sebesar 54.5%, terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel pengalaman dinas terhadap profesionalisme sebesar 38.2%, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari profesionalisme terhadap kinerja sebesar 44.2%, terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pendidikan terhadap kinerja melalui profesionalisme sebesar 24.1%, dan terdapat pengaruh positif yang signifikan dari pengalaman dinas terhadap kinerja melalui profesionalisme sebesar 16.9%.
Kata Kunci: Pendidikan, Pengalaman Dinas, Kinerja dan Profesionalisme
Tidak tersedia versi lain