Text
Pengaruh Keterlibatan Stakeholder Dan Inovasi Teknologi Terhadap Pengembangan Kurikulum Pendidikan TNI AL
Studi ini mengeksplorasi kurikulum pendidikan di TNI AL sebagai pilar fundamental dalam menjadikan personel TNI AL yang mampu menghadapi dinamika dan kompleksitas tugas yang terus berkembang, pengaruh keterlibatan stakeholder sebagai pembina pendidikan di TNI AL dipandang perlu lebih responsif, adaptif dalam mengambil keputusan dalam hal inovasi pendidikan dan inovasi teknologi sangat penting untuk menghasilkan pendidikan yang efektif dan personal bagi personel TNI AL, sehingga perlu adanya pengembangan kurikulum pendidikan di TNI AL, mengingat pentingnya pengajaran yang inovatif dan alat instruksi modern dalam menyediakan pendidikan yang efektif dan relevan untuk prajurit. Melalui penggunaan Structural Equation Modeling (SEM) dengan aplikasi Smart PLS 3.0 dalam analisis jalur pada penelitian kuantitaif yang membantu dalam memodelkan hubungan antar variabel laten dan manifest yang ada, penelitian ini mengukur seberapa signifikan kontribusi dari kedua faktor ini dalam proses pengembangan kurikulum. Pengambilan data responden dibagi dalam kategori kedinasan, jenis kelamin dan usia, data tersebut di input pada aplikasi Smart PLS dan dilakukan pemodelan hubungan antar variabel dan kolerasinya serta dilakukan evaluasi model pengukuran untuk menghasilkan data yang dapat dianalisa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan stakeholder (X1) memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengembangan kurikulum dengan koefisien jalur 0,286, menegaskan bahwa kolaborasi antara stakeholder memperkaya kurikulum dengan perspektif yang relevan dan inovatif. Inovasi teknologi (X2), dengan koefisien 0,100, juga terbukti secara statistik berpengaruh dalam mengintegrasikan metode baru dan teknologi pendidikan dalam kurikulum. Penelitian lebih lanjut menemukan bahwa kedua variabel ini secara simultan menjelaskan sekitar 12,3% variabilitas dalam implementasi pengembangan kurikulum, meskipun terdapat 87,7% variabilitas yang mungkin dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam model ini. Hasil ini mengimplikasikan pentingnya peran aktif stakeholder sebagai pemangku kebijakan dalam perkembangan pendidikan di TNI AL dan adaptasi inovasi teknologi dalam bidang metode pembelajaran maupun alin alongins yang modern dalam memastikan pengembangan kurikulum yang efektif di TNI AL, sehingga mampu menghasilkan prajurit yang tidak hanya kompeten tetapi juga mampu mengadaptasi kebutuhan pendidikan modern dalam menghadapi tantangan di lapangan.
Kata kunci: Keterlibatan Stakeholder, Inovasi Teknologi, Pengembangan Kurikulum, Pendidikan TNI AL
Tidak tersedia versi lain