Text
Menguak Daya Saing UMKM Industri Kreatif
Buku ini diharapkan dapat menjadi pemelajaran bagi para pembuat dan pengambil kebijakan, serta penggiat dan praktisi, untuk memaknai suatu program pembangunan sebagai agenda bersama. Khusus bagi pemangku kepentingan UMKM, Asosiasi UMKM, dan Pemerintah Daerah di kota/kabupaten lainnya di Indonesia, kiranya mereka perlu mengedepankan keberhasilan daya saing UMKM Industri Kreatif (institutional framework based competitiveness) yang berada pada tiga tingkat kerangka kelembagaan (three-tiered institutional frameworks)-yaitu tataran regulasi, struktur tata kelola, dan institusi informal yang berisi norma, budaya, nilai, dan keterlekatan. Rekonstruksi daya saing UMKM pada tiga tataran kelembagaan-pemerintah daerah dan DPRD (makro), asosiasi (meso), serta komunitas dan pelaku usaha (mikro), memperlihatkan tentang arti pentingnya interkonektivitas (interconnectivity) dan pengajaran (alignment) pada ketiga tataran tersebut.
</li><li>Bab 1. Problematik Faktual dan Teoretis
</li><li>Bab 2. Pengenalan Situasi Masalah
</li><li>Bab 3. Rich Picture
</li><li>Bab 4. Sistem Aktivitas Manusia yang Relevan
</li><li>Bab 5. Model Konseptual
</li><li>Bab 6. Perbandingan Model dan Dunia Nyata
</li><li>Bab 7. Perubahan yang Diinginkan secara Sitematik dan Layak secara Budaya
</li><li>Bab 8. Pelaksanaan Tindakan
Tidak tersedia versi lain